Posted by: muhammadz4enal | November 2, 2011

Backpacker : Belajar Selancar di Pantai Batu Karas

Siapa bilang kita harus ke Bali untuk berselancar?

Penggemar olahraga selancar mungkin sudah mengetahui soal pantai yang letaknya cukup terpencil ini. Namun yang belum, Anda bisa mencoba pergi ke pantai Batu Karas. Pantai ini terletak di Desa Cijulang, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dari Jakarta dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5 hingga 7 jam. Pantai ini hanya 10 menit dari lokasi wisata lain yang juga sangat menarik bagi wisatawan yaitu Green Canyon.

Pantai Batu Karas tidaklah terlalu besar. Pantai ini berupa cekungan yang sudut-sudutnya agak berbatu. Bila kebetulan langit sedang bersahabat, Anda akan beruntung karena mendapat objek foto yang luar biasa indah. Akan lebih baik lagi bila Anda berkunjung khusus untuk menikmati matahari tenggelam. Kontur berbatu di sisi kanan dan kiri pantai akan memanjakan para penggemar fotografi karena memberikan lanskap yang menarik.

Beberapa ulasan yang pernah saya baca mengatakan bahwa Pantai Batu Karas merupakan salah satu titik terbaik untuk berselancar di Indonesia. Namun, keika saya berkunjung ke sana beberapa waktu yang lalu, ombak tidak terlalu besar sehingga mungkin kurang menarik bagi mereka yang sudah piawai berolahraga selancar. Tetapi itu tidak mengurangi nilai pantai ini, karena justru pada saat ombak tidak terlalu besar sangat cocok bagi para peselancar pemula yang mungkin jumlahnya di negeri ini lebih banyak daripada mereka yang sudah ahli.

Bagi yang tidak ingin belajar berselancar, Anda dapat memanfaatkan waktu dengan berbagai olahraga air yang tersedia di sini, antara lain banana boat. Operator olahraga air, serta tempat penyewaan alat-alat snorkeling dan semacamnya banyak tersedia di tepi pantai. Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, Anda dapat menaiki bukit di sisi kanan pantai, melalui tangga semen yang ada. Pastikan saja Anda berhati-hati karena kondisi tangga menurut saya sudah harus diperbaiki. Dari atas bukit Anda dapat menikmati pemandangan yang lebih luas.

Pantai Batu Karas, mungkin tidak seterkenal pantai lain di daerah tersebut, namun popularitasnya makin membumbung. Di saat hari libur atau saat liburan sekolah pantai ini sangat ramai. Ketika terakhir berkunjung ke sana, ada sekolah yang tengah mengadakan perkemahan di lokasi wisata ini. Jadi, bila anda ingin lebih menikmati suasana, pilih hari yang bukan hari libur. Selain suasana yang lebih tenang, pantainya pun menjadi lebih bersih.

Bukti naiknya popularitas pantai ini adalah munculnya akomodasi-akomodasi baru di sekitar pantai. Awalnya mungkin hanya JavaCove Beach Hotel dan Bonsai Bungalow yang ada, kini beberapa akomodasi lain yang tampaknya cukup berkelas mulai beroperasi.

Bila Anda ingin suasana yang agak berbeda, Anda dapat memilih menginap di Panimeran Riverside, sekitar 1 km dari pantai. Cottage ini menyediakan penginapan bergaya alam di pinggir sungai, walau mereka juga baru saja membangun tipe akomodasi yang lebih ekonomis. Jadi jangan khawatir bila Anda ingin menginap, kini sudah banyak pilihan!

Masalah makan juga tidak perlu dikhawatirkan. Di tepi pantai berderet warung-warung yang menyediakan makanan laut. Menurut saya, harganya normal dengan citarasa yang dapat diacungi jempol.

Pantai Batu Karas berada sekitar 32 km dari Pantai Pangandaran. Jalan dari Pangandaran ke pantai ini kurang mulus sehingga alokasikan waktu lebih. Bila Anda akan pergi menggunakan kendaraan umum, dari Pangandaran atau Tasikmalaya Anda dapat memilih angkutan dengan jurusan Cijulang. Sampai di Terminal Cijulang, Anda dapat melanjutkan dengan ojek.

Bila Anda berkesempatan berkunjung ke Batu Karas, sempatkan juga mengunjungi Green Canyon. Jadi, Anda dapat mengunjungi dua lokasi wisata menarik sekaligus. Saya yakin Anda tidak akan menyesal!

Sumber : http://id.travel.yahoo.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: