Posted by: muhammadz4enal | August 11, 2010

2 Bulan Berlalu…

Alhamdulillah, ucapan rasa syukur yang dapat sy ucapkan,.. gk terasa 2 bulan sy telah bekerja di konsultan IT milik bos sy, banyak pengalaman dan ilmu yang sy dapatkan disini, setelah 1 bulan berkutat dengan PHP dan PostgreSql, akhirnya masuk bulan kedua kami harus keliling nusantara tiap minggu,.mulai dari Bogor, Jogjakarta, Makssar, Manado, Medan dan terakhir Pekanbaru. Semuanya berjalan lancar walau sangat melelahkan guna mensosialilasikan Aplikasi yang kami buat.

Sedikit sy uraikan tentang apa saja yang saya kerjakan selama 2 bulan itu:

Di awal Juni 2010 sy masuk kerja dan langsung berkantor di Kementerian Agama RI Div EMIS (Education Management Information System) di Lapangan Banteng Pasar Baru Jakarta Pusat. Disini saya belajar menggunakan aplikasi Web Developer seperti Adobe Dreamweaver CS4, awalnya sulit, tapi lama kelamaan mulai terbiasa dan tugas saya semakin kompleks, dari awal menbuat form sampai membuat dokumentasi dan terakhir mengkoding penjumlahan menggunakan javascript.

Diakhir Juni dan awal Juli mulai lah saya dan bos keluar kota untuk mensosialisasikan aplikasi yang telah kami buat, bersama team dari Kementerian Agama Div EMIS. Di awal kami ke kota Bogor, dan disini saya sebagai Assiten Trainer tentunya. Kemudian di Jogjakarta barulah saya membawakan materi walau tidak penuh, dan mulai Makassar, Manado, Medan, serta Pekanbaru barulah saya dan rekan saya 100 persen jadi trainer (Pengalaman yang luarbisa)..:)

Dalam sosialisasi kami menerangkan bagaimana menginstal aplikasi ini, kemudian kami jelaskan alur navigasi alikasi, serta fungsi dan fitur-fitur yang ada, kemudian tata cara penginputan yang lumayan jelimet alias sulit dan ribet karena ada proses sinkronisasi data pertabel atau istilahnya Validasi dan disinilah aplikasi kami sangat dibutuhkan untuk mengetahui data-data mana yang tidak sinkron. Karena antar tabel data yang satu dengan lainnya itu berhubungan dan saling terkait, jadi harus ada konsistensi data yang pada aplikasi sebelumnya bersifat manual atau di kroscek oleh operator. Banyangkan jika data dan tabel sudah ribuan, bisa sakit mata operator yang kroscek…haha..:))

Sepertinya kedepan bakal banyak cerita lagi,..hmm..will see..


Responses

  1. Amin, Alhamdulillah, Bravo om Zein..🙂 ikut seneng d baca postingannya^^’

    • eh,..ada mba lasmi,..maaf baru ngecek,..lg gk mood,..hehe..sukses jg buat mba lasmi dan keluarga..salam buat mas pram dan khalil..🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: